Bergerak Maju

BERGERAK MAJU

“Aku menuliskan kepada kamu, hai anak-anak…hai bapa-bapa…hai orang-orang muda…” (1 Yoh 2:12-14).

Anak-anak (awal), bapa-bapa (akhir, tujuan), orang-orang muda (antara, tahapan). Inilah fase kehidupan rohani yang kita jalani. Sebelum kita menjadi anak-anak (lahir baru) ada fase persiapan (fase pondasi kedaulatan) dimana tangan kedaulatan Tuhan yang tidak kelihatan itu telah menuntun kita hingga tiba pada saat kelahiran baru kita. (Coba kita renungkan kembali, jalan-jalan yang telah kita lalui, sampai akhirnya kita menjadi anak-anak Tuhan. Betapa ajaib…).

Selanjutnya fase yang kita alami adalah fase pengarahan (fase pertumbuhan rohani). Inilah fase pertumbuhan Kristen anak-anak. Difase ini kita diarahkan untuk bertumbuh. Hal-hal mendasarkan ditanamkan, prinsip-prinsip dasar kekristenan diajarkan. Kita diajar bagaimana menjadi taat dalam bersaat teduh (membaca Firman Tuhan), berdoa, bersekutu, bersaksi, mengampuni dan lainnya.

Fase pelayanan (fase pendewasaan pelayanan) adalah fase dimana kita menemukan karunia-karunia yang kita miliki. Kita belajar melayani, karunia-karunia kita mulai dipergunakan (tetapi belum terpadu). Namun akan terus bertumbuh, dan semakin tajam dipelayanan dan semakin efektif. Inilah salah satu fase pertumbuhan Kristen orang muda. Tetapi belum lengkap…

Masih ada fase pertumbuhan Kristen orang muda selanjutnya, yaitu fase pendewasaan (fase pendewasaan hidup). Disini fase pembentukan karakter dimana ada banyak pembentukan-pembentukan yang sangat berat dan menyakitkan. Pembentukan terjadi lewat situasi, kondisi, konflik-konflik, maupun karena kesombongan diri sendiri. Fase ini tidak enak, tetapi menghasilkan buah karakter yang menjadi kita kuat dan dewasa.

Gerakan kita keluar (misi, outreach) akan mulai begitu efektif difase ini. Tangan kita (karunia-karunia, panggilan, kemampuan, kelengkapan) sudah dilatih berperang, kaki kita (pijakan hidup, karakter, nilai-nilai, kemandirian, integritas) sudah dapat berpijak diatas bukit-bukit kita (masalah, tantangan, konflik, pergumulan).

Selanjutnya kita merindukan fase berikutnya yaitu perpaduan. Inilah saat semua karunia, panggilan, kemampuan-kemampuan, sumber daya–sumber daya, dan semua bagian-bagian yang dibutuhkan untuk mencapai potensi maksimal, berangsur-angsur berpadu. Difase ini kedewasaaan pelayanan dan kedewasaan karakter berpadu pada puncaknya. Inilah permulaan fase pertumbuhan Kristen bapa.

Selanjutnya menyusul fase pasca sukses, dimana Allah akan memakai kita (pemimpin-pemimpin yang berhasi) untuk menjadi bapa dan teladan bagi pemimpin-pemimpin yang lebih muda. Inilah tujuan pelayanan hidup dan garis waktu kita.

Jadi, rindukanlah untuk kita bergerak maju terus dari Kristen anak-anak menuju Kristen orang muda menuju Kristen bapa. Semua kita harus melewatinya. Kita tidak bisa melompat fase-fase itu. Yang dimungkinkan adalah akselerasi atau percepatan.

Karena itu jangan berlambat-lambat…

Tidak ada komentar: