LaCk Of KnoWLedGe

LaCk Of KnoWLedGe kenapa binasa,..?

UmatKu binasa karena tidak mengenal Allah...” (Hosea 4:6a).

“My people are destroyed for lack of knowledge...” (Hosea 4:6a KJV)

Perhatikan bahwa yang disebutkan adalah “umatKu”. Berarti hal ini berbicara tentang orang-orang percaya atau anak-anak Tuhan atau jemaat Tuhan. Jangan abaikan atau anggap sepele, bahwa kita bisa saja binasa (destroyed = hancur, dihancurkan) jika kita tidak mengenal Allah (lack of = do not have something or do not have enougth of something, tidak punya atau punya tapi sedikit, tidak cukup atau kurang).

Penyebabnya adalah karena kita tidak (=kurang) mengenal Allah. Bisa jadi kita salah berpikir tentang Tuhan, salah berkata-kata tentang Tuhan. Bisa jadi kita salah mengetahui hak kita, salah mengerti tentang identitas kita, salah mengerti tentang posisi kita, salah mengerti tentang apa yang telah Dia sediakan bagi kita. Bisa jadi kita tidak tahu hal mana yang menyenangkanNya, hal mana yang menjadi kehendakNya. Bisa jadi kita tidak sadar hal apa yang bisa mendatangkan hukuman bagi kita, apa yang mengundang malapetaka dalam hidup kita. Jadi jangan berpikir atau mengatakan bahwa Tuhan berlaku tidak adil, Tuhan tidak mengasihi, atau Tuhan tidak peduli. Pikiran atau perkataan seperti itu tidaklah mengubah apa-apa dipihak Tuhan. Dia tetaplah Allah yang adil, Dia tetaplah Allah yang mengasihi, Dia tetaplah Allah yang peduli. “... padaNya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran” (Yakobus 1:17b).

adalah Allah yang telah menyediakan semua kasih karunia yang kita perlukan untuk hidup dan mampu menggapai masa depan cerah yang Dia sediakan dan memenuhi panggilan tertinggi kita masing-masing (Yeremia 29:11, Efesus 1:3).

Bagaimana supaya kita tidak binasa? Bagaimana supaya kita tidak hancur? Namun sebaliknya kita akan mengalami “munculnya fajar pagi”, yaitu saat kita diterangi, saat kita mendapat harapan dan kekuatan baru, saat kita memasuki gerbang kehidupan tanpa diselimuti kegelapan lagi. “Tetapi jalan orang benar itu seperti cahaya fajar, yang kian bertambah terang sampai rembang tengah hari” (Amsal 4:18). Kita juga akan mengalami “datangnya hujan”, yaitu the winter rains (= yaitu hujan yang akan mempersiapkan tanah untuk siap ditaburi) dan the spring rains (= yaitu hujan yang akan menumbuhkan tanaman). Satu penggambaran yang lengkap tentang berkat dan pertolongan Tuhan.

Kapan itu terjadi dan bagaimana hal itu akan terjadi? “Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh untuk mengenal Tuhan...” (Hosea 6:3a). Berusaha sungguh-sungguh (=make every effort) untuk mengenal Tuhan, berarti kita butuh memiliki komitmen, memiliki disiplin, memiliki hasrat yang besar dan yang penting membayarkan HARGA untuk mengenal Tuhan. Harga, karena kita mungkin harus mematikan tayangan TV kita dulu, untuk pergi ke komsel atau persekutuan. Harga, karena kita mungkin harus melawan kantuk dan lelah kita untuk duduk dan mulai berdoa...

Tidak ada komentar: